-->

Mengenal Fakta Awan Arcus yang terjadi di Meulaboh Aceh

 Mengenal Fakta Awan Arcus yang terjadi di Meulaboh Aceh

Terjadi sebuah fenomena yang menarik di Meulaboh Aceh.Hal ini membuat banyak warga takut karena bentuk awannya seperti tsunami.Bentuk Awan Tersebut memanjang dan tinggi seperti gelombang laut yang berada di langit aceh.Hal ini menyebabkan warga aceh berspekulasi bahwa hal ini sebagai pertanda akan datangnya bencana di daerah tersebut.

Tapi,Apakah benar jika Awan Arcus adalah pertanda dari bencana alam????

 Mari kita lihat dari beberapa Sumber

 Berdasarkan penjelasan BMKG yang diwakili oleh Deputi Meteorologi Guswanto.Beliau menjelaskan bahwa fenomena Awan Arcus murni terjadi karena adanya Dinamika atmosfer.

 Beliau menegaskan bahwa fenomena tersebut lazim terjadi walaupun tidak sering frekuensi terjadinya.Hal tersebut juga tidak memiliki hubungan dengan bencana alam apapun.

 "Keberadaan awan ini murni merupakan fenomena pembentukan awan yang terjadi akibat adanya kondisi dinamika atmosfer dan tidak ada kaitannya dengan potensi gempa atau tsunami maupun hal-hal mistis," kata Guswanto

 Awan Arcus sendiri adalah awan yang terbentuk pada ketinggian rendah yaitu sekitar 2 kilometer diatas permukaan laut,memiliki bentuk horizontal memanjang seperti gelombang tsunami.Awan Arcus ini dapat terbentuk sebagai jenis perkembangan dari awan Cumulonimbus.

 Adapun awan Arcus digambarkan sebagai awan yang bergulung memanjang secara horizontal di muka kaki sebuah awan cumulonimbus. Kepala Bidang diseminasi informasi iklim dan kualitas udara BMKG Hary .Menerangkan salah penampakan ini biasa dikaitkan dengan peristiwa hujan badai atau hujan es hujan petir dan angin kencang .

 Arcus terbentuk Ketika suatu aliran udara dingin yang turun dari awan cumulonimbus mencapai permukaan tanah.  aliran udara tersebut menyebar cepat dan mendorong massa udara yang sangat naik.  “saat udara ini naik, uap air mengembun membentuk pola awan  arcus’” kata Hary.

Jadi dapat disimpulkan bahwa awan Agus tidak ada kaitannya sama sekali terhadap fenomena tsunami.


0 Response to " Mengenal Fakta Awan Arcus yang terjadi di Meulaboh Aceh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel